8 Fakta Menarik Band Rock Dunia “Deep Purlpe”

8 Fakta Menarik Band Rock Dunia “Deep Purlpe”

1. Gitaris Ritchie Blackmore sering disebut sebagai pencetus Neo-classical metal.

2. Deep Purple sempat disebut sebagai band paling berisik di seluruh dunia.

3. Jon Lord, sang keyboardist, menulis sendiri semua komposisi dalam album CONCERTO FOR GROUP AND ORCHESTRA.

4. Di tahun 1960-an, Ritchie Blackmore selalu menggunakan gitar Gibson ES-335 namun saat ia melihat Jimi Hendrix memainkan gitar Fender Stratocaster, Ritchie beralih menggunakan Stratocaster dan sampai saat ini Ritchie hampir selalu memainkan gitar Fender Stratocaster walaupun saat rekaman ia kadang menggunakan Fender Telecaster Thinline.

5. Ritchie Blackmore selalu melakukan modifikasi pada gitar Fender Statocaster miliknya. Pickup tengah selalu ia matikan dan hanya menggunakan dua pickup (bass dan treble) saja.

6. Drummer Ian Paice baru berusia 19 tahun saat ia ikut mendirikan Deep Purple dan dia adalah satu-satunya personil Deep Purple yang tak pernah keluar dari band ini.

7. Gara-gara jadwal penampilan dimajukan, Ritchie Blackmore tampil sambil marah-marah. Alasannya perubahan jadwal ini akan merusak atraksi lighting yang sudah mereka rencanakan. Di akhir pertunjukan, saat membawakan lagu Space Truckin, Blackmore menghancurkan tiga gitar Fender Stratocaster, satu Marshall cabinet, dan satu buah kamera video. Total kerugian yang dialami saat itu mencapai US$100 ribu.

8. Pada tanggal 8 Juni 1970, peralatan band Deep Purple disita polisi Jerman Timur dengan alasan rombongan band ini berjalan terlalu dekat dengan garis perbatasan di antara dua negeri yang saat itu terpecah. Hasilnya, Deep Purple terpaksa harus membatalkan konser mereka.

Post a Comment