5 Negara Eropa yang Melahirkan Band-band Tercadas

5 Negara Eropa yang Melahirkan Band-band Tercadas

5 Negara Eropa yang Melahirkan Band-band Tercadas

Pasar musik selalu didominasi benua Amerika selama berdekade lamanya. Beragam kalangan penikmat musik menganggap negeri Paman Sam sebagai poros dunia musik. Para elit musisi yang berdomisili di Eropa pun mulai mencoba menggebrak ‘tradisi’ lama tersebut. Kehadiran mereka seolah jadi jawaban dan sentilan keras bagi dominasi musik Amerika

Kini hegemoni dunia musik tak lagi tertuju pada Amerika. Negara-negara di Eropa bahkan mampu menciptakan pasar mereka sendiri dan berlomba-lomba jadi yang terdepan di jagat dunia. Invasi musik dari benua Eropa kini mampu menjadi penyeimbang di lanskap musik. Tak terhitung berapa banyak eksponen berpengaruh yang telah hasilkan di dunia musik.

Musik Eropa dikenal luas publik sebagai kiblat dari kancah-kancah musik cadas. Beragam jenis musik ekstrem berkembang dari benua biru dan menyebar ke segala penjuru dunia. Dari yang paling keras sampai yang penuh kontroversi. Berikut daftar 5 negara Eropa tercadas.

1. Swedia

Swedia merupakan negara Skandinavia. Secara populasi Swedia bukanlah negara besar, penduduknya hanya mencapai 9 jutaan orang saja! Namun berbicara soal musik, negeri ‘IKEA’ ini tak boleh dipandang remeh dan telah terbukti mengubah peta rock dunia. Pada kancah heavy metal/death metal, Swedia memiliki beragam formasi band-band cadas di dalamnya, sebut saja Bathory, Opeth, Entombed, Meshuggah, Arch Enemy, Soilwork, Sabaton, sampai Ghost. Selain itu negeri ini juga rajin dalam menggelar event musik akbar sekelas Sweden Rock Festival.

2. Norwegia

Norwegia umumnya dikenal sebagai salah satu negeri paling makmur di dunia. Bagaimana tidak? Pendidikan gratis dan angka kriminalitas yang rendah merupakan daya tarik dari negeri Viking tersebut. Tapi kalau soal musik, Norwegia juga dikenal gahar! Negeri ini turut melahirkan salah satu tren musik cadas paling menyeramkan, yakni black metal. Nama-nama cadas seperti Mayhem, Darkthrone, Emperor, Gorgoroth, Burzum, Kvelertak, hingga Dimmu Borgir adalah salah satu dari sekian banyak eksponen terbaik yang lahir di Norwegia.

3. Inggris

Tanah Britania seolah tak pernah kehabisan pasokan elit band di kancah rock. Terbukti negeri Elizabeth itu telah mencetak berbagai band heavy metal prominen di dalamnya. Di antaranya Black Sabbath, Judas Priest, Motorhead, Iron Maiden, Cradle of Filth, Carcass, Venom, sampai Napalm Death. Kini peta musik tak lagi terpaku pada Amerika Serikat. Inggris merupakan salah satu kiblat musik terbesar di seantero dunia. Jauh beberapa dekade sebelumnya, Inggris juga sukses dengan serbuan British Invasion pada medio sampai penghujung 60-an. Tak heran sampai saat ini Britania Raya jadi salah satu garda terdepan soal musik.

4. Jerman

Jerman juga turut menyumbangkan sumbangsih di dunia rock. Negeri Bavaria ini banyak menelurkan band-band metal berkualitas. Sejak era 70-an ketika negara ini masih terbelah ke dalam dua blok yaitu blok barat dan blok timur, Jerman kerap menginvasi lanskap musik lewat rentetan band-band cadas yang sukses menembus pasaran musik dunia. Nama-nama seperti Scorpions, Kreator, Helloween, Sodom, sampai Rammstein sering disebut-sebut band rock garis terdepan yang dimiliki Jerman.

5. Finlandia

Finlandia merupakan negara dengan tingkat kemakmuran yang tinggi. Negara beriklim dingin ini seringkali jadi objek wisata bagi para pelancong seantero dunia. Selain menyuguhkan pemandangan alam yang luar biasa, Finlandia juga terkenal cadas soal musik. Beberapa nama-nama beken seperti HIM, Nightwish, Children of Bodom, hingga Hanoi Rocks adalah salah satu sekian dari nama yang paling sukses di kancah rock Finlandia. Tak heran ada istilah ‘finnish rock’ di dalam kamus musik Finlandia.

source: supermusic.id

Post a Comment