Band ST12 Come Back ? Yuk Simak Penjelasannya

Band ST12 Come Back ? Yuk Simak Penjelasannya

ST12 merupakan salah satu grup musik melayu yang populer di Indonesia pada era 2000-an. Setelah menelurkan enam album, ST12 pecah pada 2012.

Pepep sang drummer pun melanjutkan perjuangan ST12 bersama formasi baru. Sedangkan Charly dan Pepeng membentuk grup musik baru bernama Setia Band. Dua band ini pun diketahui memiliki fans fanatik masing-masing.

Tujuh tahun setelah terpecah, formasi awal ST12 kembali bersatu dan menelurkan single baru bertajuk ‘Jangan Marah-marah’. Pepep menjelaskan bahwa keputusan ini dibuat untuk memuaskan hasrat fans.

“Ini salah satu bentuk atensi kita buat fans, penikmat musik kita, ST setia dan Setia ku, ini impian mereka sebenarnya. Kita banyak banget menyerap keinginan fans yang hampir 99 persen kepengin kita comeback. Makanya itu, dibuatlah hashtag ‘#ST12kembali’,” ungkap Pepep ketika ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (17/7).

Baca Juga: 3 Musisi Hiphop Korea Selatan Datangi Jakarta Agustus Nanti

Pepep merasa tidak ada kesulitan berarti dalam mempersatukan diri dengan Charly dan Pepeng. Namun, memang ada kendala teknis yang membuat proyek comeback mereka lama terlaksana.

“Silaturahmi sebenarnya terus kita jalin, sih, tanpa banyak orang tahu. Tapi, kenapa baru sekarang keluarin single, ya, karena kemaren ribet soal kontrak. ‘Kan butuh waktu untuk satukan semua label, butuh kedewasaan juga untuk memenuhi keinginan fans dan industri,” ujarnya.

Charly menceritakan bahwa single ‘Jangan Marah-marah’ dirampungkan dalam waktu tujuh bulan. Bukan karena keterbatasan kreativitas, proses penggarapan single tersebut berlangsung lama karena permasalahan teknis antara label rekaman ST12 yang baru dan Setia Band.

Charly mengaku, tidak ada rasa canggung di antara dia, Pepep, dan Pepeng saat menggarap single tersebut. Justru, Charly senang dengan kesan nostalgia saat masuk ke studio rekaman bersama Pepeng dan Pepep.

“Karena ‘kan kita kalau di studio itu bebas, ya, gimana enaknya kita untuk mencurahkan inspirasi. Jadi, kalau misalnya Pepep enggak suka sama cara nyanyi aku, ya, nanti dia bisa ngomong. Begitu juga misalnya Pepeng kurang sreg sama drumnya Pepep, nanti bisa ngomong. Kita sih bisa menyesuaikan diri, enjoy-lah,” kata Charly.

Tajuk ‘Jangan Marah-marah’ sendiri dipilih Charly untuk meredam perseteruan yang sempat terjadi antara fans ST12 dan Setia Band. Ia pun tetap mempertahankan lirik dan gaya musik sederhana khas ST12 yang bisa dengan mudah dimengerti pendengar.

“Karena ‘kan kita mau mencukupi keinginan fans, berarti ‘kan kalau comeback itu kembali seperti di masa lalu. Jadi, ya, sampai ke konsep juga kita sepakat mau pakai color dari ST12 yang dulu gitu,” ujar Charly

“Kayak di video klip, aku pakai jaket Rollink, aku juga pakai anting lagi gitu ‘kan. Cuma ada touch baru yang sedikit berbeda, tanpa menghilangkan benang merahnya ST12 yang dulu,” sambungnya.

Saat ini, lagu ‘Jangan Marah-marah’ sudah tersedia di berbagai platform streaming musik digital. Video klip single tersebut juga sudah bisa ditonton melalui YouTube.

Baca Juga: Band Base Jam Salah Satu Personilnya Lepas Hijab

source: kumparan.com

Post a Comment