Selamat Hari Musik Nasional dan Kelahiran WR Supratman

Selamat Hari Musik Nasional dan Kelahiran WR Supratman

Hari ini adalah hari yang sangat spesial bagi musik Indonesia. Sebab setiap 9 Maret, sejak 2013 lalu, sudah ditetapkan sebagai Hari Musik Nasional.

Hari penting ini, awalnya ditetapkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melalui Keputusan Presiden Nomor 10 Tahun 2013. Penetapan itu diharapkan SBY bisa meningkatkan apresiasi terhadap musik nasional.

Lebih lanjut, 9 Maret dipilih juga bukan tanpa alasan. Hari ini, tepat pada 114 tahun lalu, Wage Rudolf Supratman lahir di Purworejo, Jawa Tengah. Ia adalah pencipta lagu kebangsaan ‘Indonesia Raya’.

Namun sejak lagu itu diciptakan, WR Supratman tidak pernah sekalipun mendengarkan ‘Indonesia Raya’ berkumandang saat Hari Kemerdekaan.

Sebab usai menciptakan lagu istimewa itu, ia diburu oleh polisi Hindia Belanda hingga jatuh sakit di Surabaya. Kemudian usai menciptakan lagu terakhirnya, ‘Matahari Terbit’ pada Agustus 1938, ia ditangkap di Malang.

WR Supratman kemudian meninggal pada 17 Agustus 1938 karena sakit.

Setelah itu, musik Indonesia semakin berkembang. Perkembangan itu juga berasal dari berbagai sektor, mulai dari musisi, industri hingga cara untuk mendengarkan musik itu sendiri.

source: hot.detik.com

Post a Comment